Beranda

Rabu, 29 April 2015

Pembahasan Tentang Penulisan Ilmiah yang Saya Buat Semester ini

          Gas Lpg dapat menimbulkan  kebakaran, pada saat terjadi kebocoran  ketika sedang digunakan atau pada saat sedang disimpan karena sifat Gas yang mudah terbakar. Gas Lpg juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan bagi manusia maupun lingkungan hidup karena dapat menyebabkan Keracunan yang dapat menyebabkan kematian.

          Kemudian timbul gagasan untuk mengimplementasikan sebuah alat “PENDETEKSI KEBOCORAN TABUNG GAS BERBASIS ARDUINO UNO”. yang serba otomatis dan efisiensi. Alat yang dapat mendeteksi secara otomatis menggunakan Arduino sebagai pengendali. Bahasa pemograman yang akan digunakan adalah bahasa pemograman tingkat menengah (Medium Level Language) yaitu bahasa C.

          Membuat alat pendeteksi gas lpg, jika pada ruangan tersebut terdapat gas yang ditimbulkan dari kebocoran gas ketika sedang digunakan atau pada saat disimpan maka sensor gas akan mendeteksinya lalu Buzzer akan berbunyi dan LED akan berganti warna sebagai indikator.

          Tujuan dari pembuatan alat ini adalah untuk membuat alat pendeteksi gas lpg yang dapat digunakan pada ruangan, yang dapat mendeteksi keberadaan gas berdasarkan sensor yang digunakan.

          Adapun metode penulisan yang di pakai adalah sebagai berikut :
  • Metode Observasi, yaitu dengan melakukan penelitian terhadap komponen yang dipakai dan melakukan perbandingan terhadap fungsi dari komponen-komponen tersebut sehingga kami dapat mengambil kesimpulan dan prinsip kerja dari komponen dan alat tersebut.
  • Metode Studi Pustaka, yaitu dengan mengambil materi-materi dari buku penunjang dan materi-materi lainnya dari internet ataupun yang lainnya.
  • Metode Kesimpulan, yaitu dengan mengumpulkan ide dari masing-masing orang dan kemudian menjadikan suatu kesimpulan yang di tulis ke dalam suatu makalah.
  • Penelitian dan Eksperimen, yaitu dengan melakukan penelitian, perancangan alat dan menguji alat tersebut.
  • Konsultasi, yaitu dengan mendiskusikan serta menanyakan secara langsung kepada dosen pembimbing.



0 komentar:

Posting Komentar