Beranda

Kamis, 17 April 2014

GUI (Graphical User Interface)

GUI (Graphical User Interface) adalah jenis antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat elektronik melalui grafis ikon dan indikator visual seperti notasi sekunder , sebagai lawan antarmuka berbasis teks , mengetik perintah label atau teks navigasi. GUI diperkenalkan sebagai reaksi terhadap dirasakan curam kurva belajar dari antarmuka baris perintah (CLI),yang membutuhkan perintah untuk diketik pada papan ketik .

Tindakan di GUI biasanya dilakukan melalui manipulasi langsung dari elemen grafis.Selain di komputer , GUI dapat ditemukan dalam perangkat genggam seperti MP3 player, media player portabel, perangkat game, peralatan rumah tangga, kantor, dan industri peralatan. Istilah GUI biasanya tidak diterapkan untuk resolusi rendah lainnya jenis interface dengan resolusi layar , seperti video game (di mana HUD lebih disukai), atau tidak terbatas pada layar datar, seperti menampilkan volumetrik karena istilah ini terbatas pada lingkup dua dimensi tampilan layar mampu menggambarkan informasi umum, dalam tradisi ilmu komputer penelitian di PARC (Palo Alto Research Center).

Kelebihan dan Kekurangan GUI
Kelebihan GUI :
  • Desain Grafis lebih menarik.
  • GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
  • Memudahkan pengguna.
  • Menarik minat pengguna.
  • Resolusi gambar yang tinggi.

Kekurangan GUI :
  • Memakan memory yang sangat besar.
  • Bergantung pada perangkat keras.
  • Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
  • Tidak fleksibel.


User interface dan desain interaksi
Merancang komposisi visual dan perilaku temporal GUI merupakan bagian penting dari perangkat lunak aplikasi pemrograman di bidang interaksi manusia-komputer . Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan penggunaan untuk desain logis yang mendasari yang tersimpan Program , disiplin desain yang dikenal sebagai kegunaan . Metode desain yang berpusat pada pengguna yang digunakan untuk memastikan bahwa bahasa visual yang diperkenalkan dalam desain dengan baik disesuaikan dengan tugas-tugas.

Fitur antarmuka grafis yang terlihat dari suatu aplikasi kadang-kadang disebut sebagai "krom" atau "Gui" (Goo-ee).Biasanya, pengguna berinteraksi dengan informasi dengan memanipulasi visual yang widget yang memungkinkan untuk interaksi yang sesuai dengan jenis data yang mereka pegang. Widget dari antarmuka yang dirancang dengan baik dipilih untuk mendukung tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pengguna. Sebuah model-view-controller memungkinkan untuk struktur yang fleksibel di mana antarmuka yang independen dari dan tidak langsung terkait dengan fungsionalitas aplikasi, sehingga GUI dapat dengan mudah disesuaikan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih atau merancang berbeda kulit di akan, dan memudahkan pekerjaan desainer untuk mengubah antarmuka sebagai kebutuhan pengguna berevolusi. Baik desain antarmuka pengguna berkaitan dengan pengguna, bukan arsitektur sistem.

Widget besar, seperti jendela, biasanya menyediakan bingkai atau wadah untuk konten presentasi utama seperti halaman web, pesan email atau gambar. Yang lebih kecil biasanya bertindak sebagai alat user-input.
Sebuah GUI dapat dirancang untuk persyaratan dari pasar vertikal sebagai antarmuka pengguna grafis aplikasi-spesifik.

Contoh GUI-aplikasi spesifik adalah:
  • Anjungan tunai mandiri (ATM)
  • Point-Of-Sale sentuh di restoran [10]
  • Checkout swalayan digunakan di toko eceran
  • Airline self-ticketing dan check-in
  • Informasi kios di ruang publik, seperti stasiun kereta api atau museum
  • Monitor atau layar kontrol dalam aplikasi industri melekat yang mempekerjakan sistem operasi real time (RTOS).

Telepon seluler terbaru dan sistem permainan genggam juga mempekerjakan GUI aplikasi spesifik touchscreen. Mobil baru menggunakan GUI dalam sistem navigasi mereka dan pusat multimedia layar sentuh.

Beberapa contoh Graphical Desktop Lingkungan atau GUI

 GNOME Shell (Gnome-3)


 KDE Plasma (KDE 4)



  Kesatuan



  Xfce


  Pencerahan



  Gula



  Sebuah awal X Window System



  Windows padacompositor Wayland


1 komentar:

Kimochi Area mengatakan...

Tolong contoh yang lain buat GUInya min..
Thanks bermanfaat...

{webinfoandroid.blogspot.com}

Posting Komentar