GUI (Graphical User Interface) adalah
jenis antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan
perangkat elektronik melalui grafis ikon dan indikator visual seperti notasi
sekunder , sebagai lawan antarmuka berbasis teks , mengetik perintah label atau
teks navigasi. GUI diperkenalkan sebagai reaksi terhadap dirasakan curam kurva
belajar dari antarmuka baris perintah (CLI),yang membutuhkan perintah untuk
diketik pada papan ketik .
Tindakan
di GUI biasanya dilakukan melalui manipulasi langsung dari elemen grafis.Selain
di komputer , GUI dapat ditemukan dalam perangkat genggam seperti MP3 player,
media player portabel, perangkat game, peralatan rumah tangga, kantor, dan
industri peralatan. Istilah GUI biasanya tidak diterapkan untuk resolusi rendah
lainnya jenis interface dengan resolusi layar , seperti video game (di mana HUD
lebih disukai), atau tidak terbatas pada layar datar, seperti menampilkan
volumetrik karena istilah ini terbatas pada lingkup dua dimensi tampilan layar
mampu menggambarkan informasi umum, dalam tradisi ilmu komputer penelitian di
PARC (Palo Alto Research Center).
Kelebihan dan Kekurangan GUI
Kelebihan GUI :
- Desain Grafis lebih menarik.
- GUI memungkinkan user untuk berinteraksi dengan komputer secara lebih baik.
- Memudahkan pengguna.
- Menarik minat pengguna.
- Resolusi gambar yang tinggi.
Kekurangan GUI :
- Memakan memory yang sangat besar.
- Bergantung pada perangkat keras.
- Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer.
- Tidak fleksibel.
User interface dan desain interaksi
Merancang
komposisi visual dan perilaku temporal GUI merupakan bagian penting dari
perangkat lunak aplikasi pemrograman di bidang interaksi manusia-komputer .
Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan penggunaan untuk
desain logis yang mendasari yang tersimpan Program , disiplin desain yang
dikenal sebagai kegunaan . Metode desain yang berpusat pada pengguna yang
digunakan untuk memastikan bahwa bahasa visual yang diperkenalkan dalam desain
dengan baik disesuaikan dengan tugas-tugas.
Fitur
antarmuka grafis yang terlihat dari suatu aplikasi kadang-kadang disebut
sebagai "krom" atau "Gui" (Goo-ee).Biasanya, pengguna
berinteraksi dengan informasi dengan memanipulasi visual yang widget yang
memungkinkan untuk interaksi yang sesuai dengan jenis data yang mereka pegang.
Widget dari antarmuka yang dirancang dengan baik dipilih untuk mendukung
tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan pengguna. Sebuah
model-view-controller memungkinkan untuk struktur yang fleksibel di mana
antarmuka yang independen dari dan tidak langsung terkait dengan fungsionalitas
aplikasi, sehingga GUI dapat dengan mudah disesuaikan. Hal ini memungkinkan
pengguna untuk memilih atau merancang berbeda kulit di akan, dan memudahkan
pekerjaan desainer untuk mengubah antarmuka sebagai kebutuhan pengguna
berevolusi. Baik desain antarmuka pengguna berkaitan dengan pengguna, bukan
arsitektur sistem.
Widget
besar, seperti jendela, biasanya menyediakan bingkai atau wadah untuk konten
presentasi utama seperti halaman web, pesan email atau gambar. Yang lebih kecil
biasanya bertindak sebagai alat user-input.
Sebuah
GUI dapat dirancang untuk persyaratan dari pasar vertikal sebagai antarmuka pengguna
grafis aplikasi-spesifik.
Contoh GUI-aplikasi spesifik adalah:
- Anjungan tunai mandiri (ATM)
- Point-Of-Sale sentuh di restoran [10]
- Checkout swalayan digunakan di toko eceran
- Airline self-ticketing dan check-in
- Informasi kios di ruang publik, seperti stasiun kereta api atau museum
- Monitor atau layar kontrol dalam aplikasi industri melekat yang mempekerjakan sistem operasi real time (RTOS).
Telepon seluler terbaru dan sistem permainan
genggam juga mempekerjakan GUI aplikasi spesifik touchscreen. Mobil baru
menggunakan GUI dalam sistem navigasi mereka dan pusat multimedia layar sentuh.
Beberapa contoh Graphical Desktop Lingkungan atau GUI
GNOME
Shell (Gnome-3)
Pencerahan
Gula
Windows padacompositor Wayland
1 komentar:
Tolong contoh yang lain buat GUInya min..
Thanks bermanfaat...
{webinfoandroid.blogspot.com}
Posting Komentar